• Ming. Jun 16th, 2024

Fakta Menarik Tentang Keju

ByWangseo

Jun 9, 2024

jasarawatpbnmurah.com – Fakta Menarik Tentang Keju. Keju adalah salah satu produk susu yang paling tua dan beragam di dunia, dengan sejarah yang kaya dan banyak variasi yang menarik. Berikut beberapa fakta menarik tentang keju yang mungkin belum Anda ketahui:

Sejarah dan Asal Usul

  1. Asal Usul Kuno: Keju di yakini telah di temukan lebih dari 4.000 tahun yang lalu. Legenda mengatakan bahwa seorang pedagang Arab menyimpan susu dalam kantong yang terbuat dari perut kambing saat melakukan perjalanan. Enzim dalam perut tersebut menyebabkan susu mengental dan berubah menjadi keju.
  2. Penyebaran ke Eropa: Pembuatan keju diperkenalkan ke Eropa oleh bangsa Romawi yang menyebarkan teknik pembuatannya ke seluruh Kekaisaran Romawi. Ini mengakibatkan perkembangan berbagai jenis keju di seluruh benua. Baca juga sub artikel Game Online

Proses Pembuatan

  1. Proses Fermentasi: Keju di buat melalui proses fermentasi susu yang melibatkan bakteri dan enzim rennet. Proses ini memisahkan padatan (curd) dari cairan (whey).
  2. Aging dan Rasa: Proses pematangan (aging) mempengaruhi rasa dan tekstur keju. Beberapa keju seperti Brie dan Camembert hanya memerlukan beberapa minggu untuk matang, sementara keju lain seperti Parmigiano-Reggiano bisa memerlukan waktu hingga beberapa tahun.

Variasi dan Jenis

  1. Banyak Jenis: Ada ribuan jenis keju yang berbeda di seluruh dunia, masing-masing dengan rasa, tekstur, dan cara pembuatan yang unik. Dari keju keras seperti Cheddar hingga keju lembut seperti Brie, variasinya sangat luas.
  2. Keju Biru: Keju biru seperti Roquefort dan Gorgonzola memiliki corak biru kehijauan yang dihasilkan oleh jamur Penicillium. Jamur ini memberikan rasa yang tajam dan khas.

Fakta Menarik Lainnya

  1. Keju Termahal: Keju termahal di dunia adalah Pule, yang di buat dari susu keledai Balkan. Harganya bisa mencapai sekitar $1,000 per pon.
  2. Keju di Ruang Angkasa: Astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional juga bisa menikmati keju. Produk keju yang tahan lama seperti keju Cheddar sering di bawa dalam misi luar angkasa.
  3. Pusat Keju Dunia: Prancis di kenal sebagai salah satu pusat keju dunia, dengan lebih dari 1.000 jenis keju yang di produksi. Di Prancis, keju sering di anggap sebagai makanan utama dan di hidangkan setelah hidangan utama sebelum pencuci mulut.
  4. Festival Keju: Banyak negara memiliki festival keju. Salah satu yang terkenal adalah Festival Keju Internasional di Bra, Italia, yang menarik produsen dan pecinta keju dari seluruh dunia.

Manfaat Kesehatan

  1. Kaya Nutrisi: Keju adalah sumber kalsium yang sangat baik, yang penting untuk kesehatan tulang. Selain itu, keju juga mengandung protein, vitamin A, vitamin B12, dan zinc.
  2. Probiotik: Beberapa keju mengandung probiotik, bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

Fakta Unik

  1. Keju Bau: Keju Limburger dikenal karena baunya yang sangat kuat. Bau ini disebabkan oleh bakteri Brevibacterium linens, yang juga di temukan di kulit manusia dan bertanggung jawab atas bau kaki.
  2. Keju dan Mimpi: Ada mitos yang mengatakan bahwa makan keju sebelum tidur bisa menyebabkan mimpi aneh. Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang kuat, banyak orang yang mengaku mengalami mimpi aneh setelah makan keju.

Kesimpulan

Keju adalah makanan yang tidak hanya lezat tetapi juga penuh sejarah dan keanekaragaman. Dari proses pembuatannya yang unik hingga variasi rasanya yang luas, keju terus menjadi salah satu makanan favorit di seluruh dunia. Dengan banyaknya jenis keju yang tersedia, ada sesuatu untuk setiap selera, menjadikan keju sebagai salah satu hidangan yang paling serbaguna dan menarik dalam kuliner global.

By Wangseo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *